Kamis, 31 Oktober 2019

Dosen Trilogi Jakarta Mempublikasikan hasil Pengabdian kepada masyarakat dalam Seminar Nasional ISI Surakarta

Dosen Trilogi Jakarta Mempublikasikan hasil Pengabdian kepada masyarakat dalam Seminar Nasional ISI Surakarta pada tanggal 31 Oktober 2019


Ratih Mahardika menyampaikan Hasil Pengabdian KepadaMasyarakat mengenai 
PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PENGENALAN MAKANAN BERGIZI UNTUK ORANG TUA ANAK USIA DINI
Melihat pentingnya pengenalan makanan bergizi kepada anak sejak usia dini tentunya tidak lepas dari peran orang tua. Bersamaan dengan kebutuhan tersebut, Pemerintah juga telah menyatakan dalam Permendiknud No.18 Tahun 2018 Pasal 3 bahwa upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Berdasarkan uraian tersebut wajib bagi orang tua, khususnya Ibu untuk berperan aktif dalam tumbuh kembang anak dengan memperhatikan asupan gizi. Pengenalan gizi biasanya dilakukan pada saat makan bersama, akan tetapi dapat dilakukan juga pada saat bermain. Alat permainan edukatif (APE) biasanya dapat dengan mudah didapat dengan membeli, namun alangkah baiknya jika Ibu mengajarkan anak sejak dini untuk membuat mainan dari prakarya sederhana. Selain mengajarkan anak untuk berhemat, juga dengan membuat prakarya dapat mengembangkan daya kreativitas, inovasi, dan percaya diri bagi anak. Oleh karena itu, metode yang dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan memberikan pelatihan membuat APE dari alat dan bahan prakarya sederhana (seperti: gunting, lem, dan kertas origami) yang berbentuk makanan bergizi bagi orang tua (khususnya Ibu).
IMG-20170828-WA0026 IMG-20170828-WA0035 IMG-20170828-WA0003

Vidya Kharishma, Ulfa Septiana menyampaikan Hasil Pengabdian KepadaMasyarakat mengenai 

PELATIHAN TEKNIK ECOPRINT UNTUK GURU PAUD
Salah satu pendidikan yang dapat membantu anak usia dini untuk menyampaikan ide, gagasan, dan imajinasi, adalah seni. Teknik ecoprint adalah salah satu bentuk seni rupa yang memanfaatkan bahan alam sebagai bahannya. Pembelajaran teknik ecoprint untuk anak-anak usia dini memiliki potensi karena murid PAUD dapat memahami dan mengapresiani seni yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan alam sekitarnya. Namun, pembelajaran ecoprint pada anak-anak usia PAUD masih jarang karena kurangnya bahan ajar mengenai teknik ecoprint untuk PAUD dan kurangnya pengetahuan guru-guru PAUD mengenai teknik ecoprint. Permasalahan ini menginisiasi penulis untuk merancangan pelatihan dan membuat bahan ajar mengenai teknik ecoprint untuk guru-guru PAUD. Tahapan proses pengabdian ini persiapan penelitian, analisis kebutuhan mitra, trial and eror perancangan ecoprint, pelaksanaan pelatihan dan dikahiri dengan evaluasi. Berdasarkan analisa kebutuhan mitra, pelatihan ecoprint yang digunakan adalah Teknik ecoprint yang paling sederhana yaitu teknik pukul. Teknik pukul yang biasanya menggunakan palu diganti menjadi ulekan kayu karena lebih aman digunakan untuk anak-anak. Pelatihan ini dilaksanakan di area Jakarta Selatan melalui forum POSDAYA. Hasil pelatihan positif oleh guru-guru PAUD karena pelaksanaannya yang mudah, bahan yang mudah didapat dari alam serta cocok dan aman untuk pelatihan murid PAUD.

  

Bayyinah Nurul Haq menyampaikan Hasil Penelitian tentang
INOVASI PRODUK PADA PERKULIAHAN STUDIO DESAIN PRODUK
This paper will discuss the lectures of product design studios from the perspective of the resulting product innovation. Referring to the product innovation model proposed by Lucia Rampino (2016), product innovation consists of functional innovation, aesthetic innovation, meaning innovation, and product typology innovation. Product Design Trilogy University applies 5 times studio courses, which are carried out from semester 3 to semester 7. Each level has a different theme, complexity, and application flow design process. Based on observations, interviews with lecturers and students, innovation achievements of results and processes lectures found the application of different innovation priorities. This is due to the emphasis on the theme of studio assignments, student conditions, lecture conditions.




Tidak ada komentar:

Art illuminations in 18th – 19th centuries manuscripts from Ngayogyakarta Hadiningrat Palace as a creative industry development

Art illuminations in 18th – 19th centuries manuscripts from Ngayogyakarta Hadiningrat Palace as a creative industry development Abstract M...