Jumat, 06 Februari 2015

GUILIN-GUANGZHOU-HONGKONG-MACAO

EPISODE 2

GUANGZHOU-HONGKONG hari ke 4-5: Menuju Hongkong kami menggunakan train. ada kejadian yang tak pernah kami lupakan, mahasiswa membeli tiket dengan waktu yang amat sangat mepet, dan kami musti berlari-lari agar tidak ketinggalan train plus membawa koper...haduuhhh...engak lagi deh..hiks....demi dapet perjalanan yang murah..hiks seru banget dan sesudahnya ketawa lepas legaaa....pas kami naik tak berapa lama kereta berjalan dan kami masih ngos-ngosan.

Total koper yang kami bawa adalah 5 koper...haduh
Ternyata untuk perjalanan ke Hongkong kami harus melewati perbatasan di Shenzen, dan setelah mengurus segala hal yang berbau keimigrasian kami lanjut Hongkong dengan naik MRT.

Numpang lewat di Shenzen

Sesampai di Hongkong kami pun menukarkan dollar US yang kami bawa, maklum RMB sudah habis, sedangkan uang rupiah susah mendapatkan nilai tukar, kalaupun ada yang mau ..waduh rendah banget nilai tukarnya...hiks..tapi tetep luv u Indonesia..banget...apapun Indonesia murahnya kagak ada yang ngalahin deh. Kami juga membeli kartu MRT paketan untuk tinggal di Hongkong selama 4 hari 3 malam. Hotel yang kami tuju adalah hotel yang biasa dipergunakan oleh mahasiswa yang mengantar kami kalau mereka jalan jalan bersama teman-temannya, lokasinya sangat dekat dengan MRT dan terletak di Nathan Road yang sangat ramai banget. Harganya lumayan, kami harus bayar 800 HKD per orang untuk 3 hari. Jangan berpikir dapet kamar besar, haduh suempit deh, ada 2 kamar tidur ditempati kami berempat, plus dapur super mungil plus kamar mandi super mungil, tampaknya jauh lebih luas kamar tidur penulis di Bandung yang masih plus dilengkapi kamar mandi dalam yang luas.....wkwkwkwk.
Di Hongkong, kami tiba sore hari dan menyempatkan untuk menyambangi ladies market, yang menjual rupa-rupa barang keperluan wanita dengan harga murah. lokasi ladies market kami capai dengan tiga kali ganti MRT. ternyata enak juga naik MRT cepat dan murah. mahasiswa sudah wanti-wanti jangan naik taksi..hehe...biar irit.

Dekat area ladies market...wow...'perang bilboard'
Ternyata yang namanya ladies market kayak jualan kaki lima yaaa.....heheh.....kami beli sedikit souvenir, tas wanita bukan branded, dan yang terakhir cari makan....kembali ke hotel rasanya sudah lungse. Pengin pijat refleksi yang banyak ditawarkan ko rasanya mahal ya 20 menit harganya 58 HKD alias nyaris 100 ribeng. masuk kamar yang mirip penjara dengan pintu yang didobel besi tebal kami langsung mandi air hangat dan tidur dengan nyenyaknya.

Pagi hari setelah sarapan dengan makanan yang kami siapkan dari indo, kami berbekal peta hongkong untukmenuju lokasi Madame Tussauds, jauh banget dan mahal....karena sudah kepalang nyampe sini yowes diniatin aja. mahasiswa yang mengantar kami antri membeli 4 tiket paket combo tram + sky terrace PP. Antrian nya luar biasa puanjanggg banget.

Sebelum menuju Madame Tussaud mejeng duyuuu...hahah

Sebelum mengantri tiket menuju Madame Tussauds wax museum
Luar biasa antrian untuk naik tram sebelum menju museum. Asyik berdesak desakan..hahah..kapan lagiii....Naik tram ternyata dibatasi, setelah penuh, calon penumpang lainnya harus menunggu. menumpang tram, dapat menikmati pemandangan Hongkong dari atas, seolah Hongkong dimasukan kedalam cawan. setelah tram berhenti kita diarahkan untuk memasuki toko souvenir. keluar dari Toko souvenir kita dapat langsung masuk ke area Madame Tussauds. setelah tiket diperiksa, seolah kita memasuki area seleb, caelahhh...suara jepretan kamera...dimana mana..dan keplok keplok.....kita dipersilahkan untuk foto bersama Jacki Chen. Gratis. tapi setelah keluar, dipintu akhir. maka kita dipersilahkan memilih foto-foto dengan para selebritis dan tentu perlu 'vitamin D' .

Wah Bunda dengan band binaannya.....
 Selain bertemu dengan mat beatles kami ternyata juga dapat menemui Opa Picasso, Opa Rembrant, masing-masing di studionya, bahkan kami juga dapat berkunjung ke Bapak Obama di ruang kerjanya, Om david beckman, bahkan kami juga dapat menemui ratu dan Raja di kerajannya, banyak yang dapat kami temui termasuk Mbah Einstein. sayangnya semua cuman berwujud lilin....wkwkwk. lelah bekeliling kami juga berkesempatan melihat pemandangan yang indah di luar museum. menjelang malam hari kami kembali masuk dalam antrian yang panjang, udara begitu mengigit, telinga rasanya mau coplok...beruntung jaket tebal yang mendekap tubuh kami dilengkapi dengan topi berbulu.

Keesokan hari kami sarapan dibelakang hotel, tampaknya resto ini buka pagi benar, pukul delapan kami makan sudah sangat ramai, antri. kami memilih menu paling murah seharga 35 HKD, yang disajikan dengan begitu lama, mungkin karena pengunjung sedang banyak. tak lama datanglah roti yang dipanggang ditabur milk lengkap dengan telor dadar orak arik disebelahnya. satu piring lainnya berisi mi kuah dengan taburan daging di atasnya plus segelas teh hangat. Cukuplah untuk isi perut kami. Tujuan kami hari ini adalah jalan jalan santai dekat hotel saja, beruntung lokasi Nathan Road dekat dengan avenue stars, museum dan galeri lokasinya satu komplek. Ternyata tutup semua baru buka hari Sabtu...wkwkwk..maka tujuan berubah haluan mengelilingi avenue stars....lanjut keliling kota Hongkong yang super padat. Keesokan hari kami mampir ke Macao 1 hari saja dengan naik kapal.

YUHUUII LANJUT EPISODE 3....MACAO...