Sabtu, 12 Agustus 2017

Chiang Rai-Chiang Mai (2)

pagi hari kami sarapan di lantai bawah, bersama dengan para sohibs. Setelah sarapan kami langsung berangkat menuju Wat Rong Khun White yang terletak di Phan, Provinsi Chiang Rai, Thailand. Wat Rong Khun, didirikan oleh seniman yang bernama Chalermchai Kositpipat. Disekeliling kuil terhampar  danau buatan. Turun dari kendaraan kita disambut oleh berbagai tengkorak berwarna merah, sedangkan Pada bagian pintu masuknya terdapat patung-patung tangan, yang diberi mosaik kaca.  


 
Tengkorak merah yang disangga tiang setinggi lutut manusia, menyambut pengunjung setelah turun dari mobil.

Kawasan kuil putih, Wat Rong Khun di Chiang Rai. megah dan unik, semua berwarna putih. Pembangunan kuil ini berlangsung dari tahun 1998 - 2008 dan baru dibuka untuk umum sekitar tahun 2009.

Gapura putih menyambut pengunjung yang akan memasuki kawasan kuil putih yang terletak di dalam. Warna putih memiliki makna kesucian sang Budha. Sedangkan cahaya kemilau dari mozaik kaca yang memantul saat terkena  sinar matahari melambangkan kebijaksanaan sang Budha yang bersinar cerah di seluruh bumi dan alam semesta.


Kolam di dekat bangunan utama dengan air yang tenang simbol surga dan kehidupan.

Sebelum pintu masuk kuil kita akan melewati banyak tangan yang menggapai-gapai. seniman pembuatnya menyampaikan pesan-pesan simbolisme melalui karyanya yang sesuai dengan filosofi Budha. 

Kita juga akan melewati patung-patung wajah yang tengah meringis kesakitan dan mulutnya menganga berteriak. Selain itu, juga terdapat dua iblis raksasa manusia bewujud badan ular berbekal senjata nampak siap siaga di gerbang kuil. Zona ini  menggambarkan neraka. hmm mengerikan.....luar biasa imajinasi senimannya.

Setelah dua jam berkeliling kami melanjutkan perjalanan menuju Black House






Tidak ada komentar:

Art illuminations in 18th – 19th centuries manuscripts from Ngayogyakarta Hadiningrat Palace as a creative industry development

Art illuminations in 18th – 19th centuries manuscripts from Ngayogyakarta Hadiningrat Palace as a creative industry development Abstract M...