Sabtu, 25 November 2017

SHIBORI-PROSES ITAJIME

Komunitas 22 Ibu sektor Jakarta, mengadakan kegiatan workshop shibori di daerah Bekasi. kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dengan owner galeri soka, Ibu Elisa. Kegiatan ini dihadiri oleh 15 orang anggotanya. proses workshop dimulai dari kain jenis primisima berukuran 60 x 60 cm. Setelah praktik 2 kali maka dilanjutkan ke kain yang berukuran panjang 2 m. Hasilnya beragam motif tercetak diatas kain. 
Tahap 1 siapkan wadah plastik dan tuangkan 4 liter air dan masukan water glass sebanyak 16 sendok makan. Aduk sampai rata.

tahap 2 siapkan beragam warna reaktif masing-masing dicampur dengan air panas. setelah teraduk rata, masukan cairan water glass yang telah disiapkan.

tahap 3 siapkan lipatan kain dengan arah memanjang, lipat sehingga berbentuk kipas dan lipat dg bentuk segitiga atau persegi, kemudian ikat dengan karet gelang.



kain yang telah dilipat dan diikat.

motif yang tercetak di atas kain. prosesnya celupkan bagian ujung ikatan kain ke water glass, setelah itu masukan bagian tadi kedalam pewarna reaktif, upayakan sisa kain yang berwarna dasar putih. motif yang dimunculkan akan penuh sensasi.


Dua motif yang tercetak diatas selembar kain, menggunakan dua ikatan yang berbeda dalam sselembar kain




Tidak ada komentar:

Art illuminations in 18th – 19th centuries manuscripts from Ngayogyakarta Hadiningrat Palace as a creative industry development

Art illuminations in 18th – 19th centuries manuscripts from Ngayogyakarta Hadiningrat Palace as a creative industry development Abstract M...